Mersics Bulletin

Pertukaran Mahasiswa Merdeka: Awardee Stories, Motivations, and Tips for Getting Experiences

Hallooo! Aku Nadila Ananda Fitri, biasa dipanggil Nadila. Aku adalah mahasiswa semester 4, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, program studi Pendidikan Fisika yang berkesempatan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 4 di Universitas Sriwijaya.

Sebelumnya apa itu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka? Program yang biasa disebut PMM ini adalah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapat pengalaman belajar di perguruan tinggi Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Disini aku gak bakal ngejelasin PMM itu sendiri, tapi aku bakal share pengalaman dan tips terutama untuk adik tingkat yang ingin mengikuti program exchange ini.

Selain menambah pengalaman belajar di kota lain, alasanku mengikuti PMM ini adalah untuk bisa memahami keragaman budaya melalui kurikulum modul nusantara yang difasilitasi oleh program PMM yang nantinya bisa dikonversi dengan mata kuliah yang selaras seperti KKM atau PLP di kampus asal, jadi kita gausah ikut mata kuliah itu lagi dehh!.

Banyak perguruan tinggi yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara, baik negeri maupun swasta, dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai modul nusantara yang ditawarkan sesuai keindahan wisata di daerah setiap universitas. Biasanya hal ini sangat menggiurkan para mahasiswa dan menjadikan alasan prioritas menentukan PT yang dituju, karena seperti kata pepatah “sekali dayung, dua pulau terlampaui”. Program PMM ini banyak dijadikan mahasiswa sebagai kesempatan healing juga.

Lalu, apakah itu alasanku memilih Universitas Sriwijaya sebagai universitas tujuan? Sebenarnya tujuan pertama yang aku pilih adalah Universitas Mataram, seperti alasan mahasiswa pada umumnya, selain aku bisa merasakan belajar di kota Mataram, aku bisa menikmati keindahan my dream island dan mengenal kota Lombok lewat modul Nusantara. Namun, Universitas Mataram bukan rezeki-ku. Aku lolos program ini di universitas pilihan keduaku.

Universitas Sriwijaya, salah satu universitas terbaik di Sumatra dan universitas terluas di Asia. Selain itu Unsri memiliki fasilitas gedung perkuliahan, perpustakaan yang bagus dan memadai serta memberikan fasilitas asrama gratis untuk mahasiswa PMM, membuatku memutuskan untuk memilih PMM disini.

Perpustakaan

Suasana perkuliahan

Asrama mahasiswa PMM

Aku mendapat kloter pertama keberangkatan untuk PMM batch 4 ini, sebelumnya tidak terbayangkan untuk pergi dan memulai perkuliahan lebih dulu dibanding biasanya karena sejujurnya aku masih menikmati liburan semester HAHAHAHA.

Tidak terasa sudah dua minggu tinggal di Indralaya, daerah yang lumayan panas (melebihi Ciwaru) dan jauh dari mana-mana membuatku harus survive membangkitkan semangat untuk memulai perkuliahan. Mengikuti kelas pertama di Unsri, bertemu dosen dan teman baru secara tidak langsung memberikanku semangat untuk perkuliahan selanjutnya karena ternyata mereka semua sangat care dan welcome sehingga membuat atmosphere di dalam kelas nyaman untuk belajar. Aku jadi tidak sabar untuk menjalankan tugas perkuliahan selama satu semester ini. 

Nahhh, untuk tips bagaimana bisa lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini, sebenarnya tidak sulit. Kalian hanya perlu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya melalui web resmi pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id atau dari social media karena sekarang semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang valid tergantung kemauan individu itu sendiri. Nah setelah mendapatkan info kapan pendaftarannya, bagaimana persyaratannya, kalian tinggal ikutin deh apa yang diperlukan oleh pihak penyelanggara, jika merasa bingung kalian bisa masuk grup telegram dan bertanya di sana ataupun kalian juga bisa berkonsultasi melalui kakak tingkat yang pernah mengikuti program serupa. Oh yaa mata kuliah yang aku ambil di Unsri ini diantaranya Mekanika Fluida, Elektromagnetik, Optik dan Gelombang, Manajemen Pendidikan, Dasar-Dasar Proses Pembelajaran, Belajar dan Pembelajaran, serta Elektronika Digital.

Terakhir dari aku, jika memang kalian bersungguh-sungguh mendapatkan sesuatu atau menginginkan hal tersebut janganlah berhenti berusaha dan selalu berdoa!!! Karena kita tidak tahu, doa dan usaha mana yang berpengaruh untuk keinginan atau cita-cita kita tersebut. So never give up friends, keep dreaming and always praying <3!!!

Cekrek dulu bareng temen Untirta yaa

Penulis: 
Nadila Ananda Fitri
Physics Education A 2022
Member of Mersics Vol. 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *